Selasa, 22 November 2011

LAPORAN KEGIATAN LOMBA LUKIS DI TONG SAMPAH



LAPORAN
LOMBA LUKIS DI TONG SAMPAH DAN BACA PUISI

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur atas kehadiran Allah SWT yang senantiasa memberikan Rahmat serta Hidayah-Nya kepada kita semua, sehinga kita dapat hadir dalam pelaksanaan kegiatan Lomba Lukis di Tong Sampah dan Lomba Baca Puisi sekaligus  memperingati Hari Ozon Internasional 2011.
Yang terhormat Bapak Walikota Bima,
Yang terhormat Bapak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima,
Yang terhormat Ketua Palapa Bima,
Yang terhormat guru pembina, para undangan, dan peserta Lomba serta yang saya hormati dan banggakan teman-teman panitia yang telah sama-sama berkerja keras hingga terlaksananya kegiatan ini.
Adapun beberapa hal dalam penyampaian laporan yang akan saya sampaikan :
1.      Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ozon Internasional yang jatuh pada tanggal 16 September 2011
2.      Kegiatan ini ada 2 kategori yakni Lomba lukis di Tong Sampah dan Lomba Baca Puisi dengan tema ”Bersih Bimaku”.
3.      Kegiatan ini insya-allah akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 09 Oktober 2011 di halaman Taman Ria Kota Bima, mulai pukul 08.00 s/d 16.00 wita.
4.      Sasaran kegiatan ini adalah tingkat SD, SMP/MTs, SMA se-derajat dan mahasiswa se-kota dan Kabupaten Bima. Namun untuk tingkat mahasiswa yang mendaftar kurang dari target/ 10 orang, oleh karena itu dibatalkan.
5.      Dari seluruh undangan yang dibagikan ditingkat SD, SMP, SMA sederajat                 se-Kota dan Kabupaten Bima, namun jumlah peserta yang bisa mengikuti kegiatan ini sebanyak 102 orang.
6.      Untuk Pendanaan Kegiatan ini Di Sponsori Oleh:
-       PT. Newmont Nusa Tenggara Sebesar Rp. 3.000.000;
-       PT. Aspal Tukad Mas Berupa uang
-       PT. FIF Cabang Bima berupa uang
-       Toko Kompas Advanture berupa Barang (Dorprice)
Demikian yang bisa saya sampaikan dalam laporan ini, lebih dan kurangnya kami mohon maaf, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum War.Wab.

Ketua Panitia








































LAPORAN KEGIATAN
LOMBA LUKIS DI TONG SAMPAH DAN LOMBA BACA PUISI
MEMPERINGATI HARI OZON INTERNASIONAL 2011
BERSIH BIMAKU

A.  Pendahuluan
Peningkatan kesadaran cinta lingkungan untuk masyarakat NTB khususnya Bima masih harus di teruskan dan dikembangkan, hal ini demi menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, salah satunya adalah upaya perlindungan lapisan ozon yang semakin menipis. Dalam hal ini tidak saja masyarakat umum yang menjadi sasaran, melainkan siswa, pelajar dan mahasiswapun akan terus dilibatkan demi melahirkan generasi yang paham dan sadar akan pentingnya lingkungan hidup lebih-lebih dalam perlindungan lapisan ozon.
selain itu, lingkungan hidup merupakan tempat dimana mahluk hidup, baik tumbuhan, hewan maupun manusia melangsungkan kehidupannya. Namun ditahun 2011 ini di Indonesia khususnya di Bima, masalah lingkungan hidup menjadi mimpi buruk terakhir dan menghantui peradaban umat manusia. Mulai dari masalah pencemaran sampah, illegal logging, polusi, banjir, gema bumi, badai, bahkan eksploitasi SDA yang melampaui batas, sehingga ekosistem tidak lagi dalam keadaan balance, lebih-lebih masalah menipisnya lapisan ozon sehingga menyebabkan global warming yang akan mengancam peradaban umat manusia.
Oleh sebab itu kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup harus terus disosialisasikan dan ditumbuh kembangkan, guna melahirkan generasi yang paham dan sadar akan pentingnya lingkungan hidup. Logikanya “kalau lingkungan rusak, secara otomatis mahluk hidup, terutama umat manusia akan ikut musnah, sehingga peradaban umat manusia akan hilang dimuka bumi ini”. Maka dari itu marilah kita melestarikan dan menjaga lingkungan yang ada disekitar kita, agar ekosistem bisa kembali balance, lebih-lebih menanggulangi makin menipisnya perlindungan lapisan ozon, sehingga global warming dan masalah lingkungan hidup bisa diminimalisir.
               
               
B.   Nama & Tema Program
Kegiatan ini bernama Lomba Lukis di Tong Sampah dan Lomba Baca Puisi  Dalam Rangka memperingati  Hari Ozon Internasional  16 September 2011 dengan Tema “ Bersih Bimaku”.
C.  Waktu Dan Tempat
Kegiatan ini dilaksanakan Hari Minggu, tanggal 09 Oktober 2011 di Halaman Taman Ria Kota Bima.
D.  Susunan acara
Terlampir
E.   Panitia
Terlampir
F.   Peserta
Terlampir
G.  Rincian Penggunaan Dana
Terlampir
H.  Hasil kegiatan
a.      Juara lomba Lukis di Tong Sampah
I
TINGKAT SMP / SMU
Juara
Nama
Utusan
Hadiah
1
M.Arif
MAN 2 Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
2
Danu Kumara
SMA 4 Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
3
Fikram
MTs Al-Husaini Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
II
TINGKAT SD
1
Dinda Amalia
SDN No.2 Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
2
Winda Azizah
MIN Tolobali
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
3
Fatrion
SDN 41 Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
III
Dorprize Toko Kompas
Terunik
Iswahudin (SMAN 1 Ambalawi)
Sertifikat Walikota+Tas Rinback
Terlucu
Ahmat Faisal (SMPN 1 Monta)
Sertifikat Walikota+Uang Pembinaan
Terheboh
Bagus Darma Gita (SMP 2 Kota Bima)
Sertifikat Walikota+Tas Rinback






b.      Lomba Baca Puisi
I
TINGKAT SMP/MTs
Juara
Nama
Utusan
Hadiah
1
Fatimah Azzahrah
MTsN Raba Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaa
2
Fitriani Sudirman
SMPN 2 Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
3
Nurul Hadiatun
SMP N 1 Monta
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
II
TINGKAT SMA/MA/SMK
1
Nur Fatiah
SMAN 5 Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
2
Lanang Zussaukah
SMAN 4 Kota Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan
3
Eka Yani Paradita
SMK SPPN Bima
Sertifikat Walikota+Plakat+Uang Pembinaan

a.         Pemerintah
-       Pemerintah merasa bangga karena masih ada beberapa kelompok atau organisasi mahasiswa dan pemuda yang eksis dalam melakukan tindakan nyata dalam meminimalisir permasalahan lingkungan hidup.
-       Dengan adanya kegiatan ini, Badan lingkungan Hidup Kota Bima berharap pihak sekolah untuk lebih membina siswanya dalam membuat tempat sampah 3 jenis.
-       BLH Kota Bima sangat mendukung kegiatan ini, dan memberikan saran bahwa lomba tahun depan peserta wajib membawa tempat sampah 3 jenis. Dan akan ikut serta sebagai juri lomba.
-       Dengan adanya kegiatan ini, pemerintah dapat memahami fungsi Taman Ria sebagai salah satu objek yang dilestarikan dan dikembangkan sebagai sarana pengembangan kreatifitas masyarakat.
-       Melalui kegiatan ini juga Walikota Bima mengatakan bahwa Taman Ria merupakan salah satu taman yang akan diprioritaskan untuk di tata dan dikembangkan sesuai dengan program pembangunan 1000 taman Kota Bima.

b.        Peserta
-       Melalui kegiatan ini siswa dapat menyadari dan memahami akan pentingnya tong sampah, melainkan juga sebagai media untuk mengembangan karya seni lukis
-       siswa memahami bagaimana menjaga dan memanfaatkan tong sampah di lingkungan sekolah maupun di rumah.

c.       Guru Pembina
-          Guru pembina memahami lomba lukis juga dapat menggunakan media tong sampah.
-          Dapat di ketahui masih banyak guru yang kurang memahami objek gambar yang harus disesuaikan dengan tema lomba.

d.      PALAPA- Bima
-          Dengan adanya kegiatan ini, Walikota Bima memberikan intruksi kepada kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bima untuk mendukung pendanaan kegiatan PALAPA-Bima pada Hari Lingkungan Hidup tahun 2012.
-          Bagi PALAPA Bima, kegiatan ini memberikan kebanggaan tersendiri karena belum ada organisasi lain di Bima yang mengadakan lomba lukis dengan media tong sampah.
-            Kegiatan ini merupakan lomba lukis pertama di adakan di Taman Ria.

e.    Sponsor
Sponsor merasa puas dengan banyaknya peserta, orang tua dan guru pembina yang hadir.

I.       FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
a.   Pendukung
1.        Pemerintah Kota Bima
-   Adannya sertifikat Walikota Bima, Sertifikat tanda tangan Kepala Dinas Dikpora Kota Bima dan Badan Lingkungan Hidup Kota Bima, sehingga memotivasi guru pembina, para siswa dan pelajar untuk mengikuti kegiatan ini.
-   Adanya bantuan secara pribadi dari Walikota Bima untuk hadiah kegiatan. (terima kasih banyak Bapak Walikota Bima, jasamu akan selalu kami ingat)
2.        Sponsorship
Adanya dukungan Penuh dari PT. Newmont Nusa Tenggara dalam pelaksanaan kegiatan ini, dan perusahaan-perusahaan lain yang telah mendukung dari kebutuhan perlengkapan dan konsumsi. Pihak sponsorpun datang untuk menghadiri pembukaan dan penutupan acara sekaligus menjadi penonton untuk meramaikan kegiatan ini.
3.        Peserta
Dalam kegiatan ini banyak siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini, terutama tingkat Sekolah Menengah Pertama. Dan peserta merupakan siswa-siswi yang biasa menjadi utusan sekolah pada kegiatan lomba lukis dan lomba kaligrafi serta lomba baca puisi.
4.        Guru pembina
Adanya dukungan serta motivasi dari guru pembina kepada siswanya atau anak didiknya, sehingga termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini. 
5.        Orang Tua
Adanya dukungan langsung dari Orang tua yang datang untuk mendampingi anaknya sebagai peserta, ada juga yang hanya menonton acara ini, sehingga acara ini menjadi ramai. Banyak orang tua yang sangat mendukung anaknya untuk mengikuti kegiatan ini, seperti membelikan  tong sampah dan bahan lukis lainnya serta ada juga orang tua yang menulis puisi untuk dilombakan.
6.        Halaman Taman Ria Kota Bima
Lokasi ini memiliki halaman yang luas, di samping kiri dan kanan jalan umum sehingga kegiatan ini di tonton langsung oleh masyarakat umum dan memiliki banyak pohon yang berjejer sehingga nuansa alamnya sangat bagus di gunakan untuk lomba lukis. Dalam lomba ini peserta SD dan SMP/SMA di pisahkan namun lokasi tetap dilaksanakan di bawah pohon-pohon yang berjejer yang ada disekitar halaman Taman Ria, Sehingga peserta merasa nyaman, sejuk dan terlindung dari panasnya Matahari. Untuk lomba baca puisi sendiri, lokasi ini juga sangat mendukung untuk peserta, sehingga bebas berekspresi dengan nuansa lokasi yang alami, karena memang jenis puisi yang dilombakan bertemakan masalah lingkungan hidup.
b.   Penghambat
1.        Nama Kegiatan
Nama kegiatan di tambah karena adanya kegiatan tambahan menjadi LLTS & BP.
2.        Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan awalnya ada workshop pengelolaan sampah, namun karena kurangnya anggaran kegiatan dan sulitnya mendapatkan beberapa peralatan kegiatan pendukung sehingga kegiatan ini tidak diadakan. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari LH 2012.
Lomba baca puisi ditambahkan, dikarenakan banyaknya masukan dari beberapa pihak, baik guru maupun pihak lain.
3.        Waktu Kegiatan
Rencana awal kegiatan diadakan pada hari sabtu, namun karena adanya Middle semester sekolah, sehingga diadakan hari minggu.

4.        Pemerintah
-       Rencana untuk mendapatkan rekomendasi dan  sertifikat Juara dari Mendiknas RI dan Menteri Lingkungan Hidup RI sampai kegiatan terlaksana belum juga terealisasi. Salah satu panitia yang ada di Jakarta (M. Salahuddin) hanya bisa bertemu protokol Menteri LH. Namun tidak dapat bertemu langsung dengan menteri LH. Sehingga sulit untuk mendapat realisasi permohonan dengan cepat. Untuk kegiatan berikutnya PALAPA Bima akan terus berusaha untuk mendapatkan piagam juara dari menteri. Karena belum ada satu organisasi pecinta alam yang pernah mendapatkan piagam dari menteri.
-        Sejak Tahun 2009. Dikpora Kota Bima sudah beberapa kali dari kegiatan PALAPA Bima tidak pernah hadir. Sebagai pemberi kata sambutan, pembuka acara, bahkan sebagai pemateri penyuluhan. Bingung juga lihat keadaan DIKPORA Kota. Masa hanya mengandalkan Kepala Dinas Saja.
-       Keterlambatan penanda tanganan sertifikat kegiatan oleh Kepala Dinas DIKPORA Kota Bima, menyebabkan pembagian sertifkat pada acara penutupan tak dapat terealisasikan, dikarenakan kesibukan Kadis DIKPORA Kota Bima yang keluar daerah untuk urusan Dinas.
5.        Pendanaan
Dalam kegiatan ini mendapatkan kekurangan dana kegiatan. Pemerintah Kota Bima tidak memberikan bantuan dana. Dari Dinas-dinas terkait tidak memberikan bantuan dana. Hanya bantuan pribadi dari bapak Kadis BLH kota Bima (terima kasih bapak kepala BLH kota Bima)
6.        Sekolah
-       Banyak   peserta yang tidak hadir pada tehnical meeting, sehingga tata-tertib pelaksanaan kegiatan lomba banyak yang tidak dipahami.
-       Adanya guru-guru pembina yang mengkomplen tentang penggabungan peserta SMP dan SMU pada lomba lukis di tong sampah. Hal ini juga menjadi bahan evaluasi bagi panitia untuk kegiatan berikutnya.

7.        Publikasi
-       Kurangnya undangan yang tersebar kesekolah-sekolah sehingga banyak sekolah yang mengkrtitik panitia karena tidak mendapatkan undangan. Padahal ingin sekali mengikuti kegiatan tersebut, karena melihat pamflet-pamflet yang tersebar.

8.        Halaman Taman Ria Kota Bima
Sumber aliran listrik di Halaman Taman Ria Kota Bima, tidak tersedia pada waktu siang hari, karena waktu siang dipadamkan guna penghematan penggunaan listrik, sehingga panitia harus memanggil operator PLN dan menyediakan kabel ±50 meter untuk mengambil aliran listrik dengan pembayaran Rp. 50.000.

9.        Kepanitiaan
-       Pada saat pelaksanaan perencanaan kegiatan, seperti pada saat penyebaran  undangan dan publikasi, serta urusan marketing dan pendanaan, banyak panitia yang tidak bisa aktif, dikarenakan kesibukan menjadi panitia Ospek di kampus masing-masing.
-       Bagian dokumentasi masih kurang profesional, sehingga banyak dokumentasi yang tidak diambil dan tidak bagus.

J.      SARAN - SARAN
1.  Pengurusan Rekomendasi dan kerjasama di Mendiknas dan Men LH RI diupayakan langsung ke Jakarta Bertemu Menteri secara langsung.
2.  Peserta Lomba Lukis di tong sampah tingkat SMP dan SMA tidak boleh digabung, karena memang  jenjang pendidikan yang berbeda.
3.  Pengurusan Cetak dan tanda tangan sertifikat Peserta, guru pembina dan panitia diupayakan satu minggu sebelum acara, sudah selesai.
4.  Memperhatikan jadwal aktif sekolah dalam Penetapan jadwal kegiatan sehingga tidak adanya pengunduran jadwal kegiatan.
5.  Penutupan  pendaftaran harus dilakukan sampai tekhnical meeting agar panitia lebih mudah mengetahui jumlah peserta yang akan mengikuti lomba.
6.  Sosialisasi harus dilakukan dua tahap. Tahap 1 adalah penyebaran undangan dan sosialisasi awal. Tahap 2 adalah meminta/menanyakan kembali siapa yag didelegasikan oleh kepala sekolah/guru pembina. Hal ini kami coba lakukan dan mendapatkan hasil, walaupun saat itu kami hanya mendapatkan peserta di dua sekolah, karena keterbatasan waktu. Hal ini dilakukan karena sekolah terkadang malas pergi mendaftar, kelupaan atau kurang paham akan bentuk kegiatan, serta sekolah terkadang  kurang mau berpartisipasi sehingga perlu adanya penekanan dari panitia.
7.  Perlunya ada kerjasama langsung dari pihak pemerintah atau Dikpora untuk meminta delegasi siswa tiap sekolah selain rekomendasi, seperti mencantumkan tanda tangan pihak dikpora pada surat permohonan delegasi, atau membantu menginformasikan saat rapat komite untuk mewajibkan pihak sekolah mendelegasikan siswa-siswinya.
8.  Kerjasama dengan radio dan media cetak diupayakan lebih komunikatif lagi. Karena pada saat kegiatan ini kita hanya berkerjasama dengan  radio, yaitu Planet DMC, Bima FM dan media cetak Suara Mandiri, Bima Ekspres serta Press Mahasiswa (UKPM) STAIM Bima.
9.  Pelaksanaan untuk berikutnya, harus mengupayakan tingkat Se- NTB. Jika dananya cukup.

 Demikian isi Laporan ini kami sampaikan, lebih dan kurangnya kami mohon maaf.

Panitia
Lomba Lukis di Tong Sampah dan Baca Puisi
Memperingati Hari Ozon Internasional
”Bersih Bimaku”

                                                                        Bima, 09 Oktober 2011
Ketua Panitia,



Kamaruddin
NAP 020/02/10
Sekretaris,



Ilham Abubakar
NAP 09/01/09

Mengetahui ;

Perhimpunan Kegiatan Lingkungan Hidup dan Alam Bebas (PALAPA) Bima-NTB
Ketua,



Arifin
NAP 001/01/09



Lampiran I :
Susunan Acara
No
Waktu
Nama Kegiatan
Pelaksana

1

08.00-08.30
Pra Acara
Pembukaan
 Tari/Teaterical
-    MC
-    Pembacaan Kalam Illahi
-    Laporan Ketua Panitia
Sambutan :
-    Ketua PALAPA – Bima
-    Kepala BLH Kota Bima
-    Walikota Bima Sekaligus membuka Acara
3
08.30-15.00
-       Lomba Lukis Di Tong sampah Tingkat  SD, SMP-SMA, Mahasiswa
-       Lomba Baca Puisi Tingkat SMP/SMU
Seluruh Peserta
4
09.00-11.00
Kampanye Penyebaran Stiker ”Kesadaran Perlindungan Lapisan Ozon”
Koordinator lapangan, Panitia

5
16.00 – 17.00
Penutupan Acara
Penyerahan Hadiah
Tari/Teaterical
-      MC
-      Laporan Ketua Panitia
Sambutan :
-      Kepala BLH Kota Bima Sekaligus Menutup Acara
-      Pembagian Hadiah
1.    Lomba Lukis di Tong Sampah
- Tingkat SD
v Juara I-III Oleh Kepala BLH Kota Bima
-  Tingkat SMP/SMA
v Juara I-III oleh Ketua PALAPA Bima NTB
v Juara Terunik, Terlucu, Terheboh oleh Sponsor Direktur Toko Kompas Advanture.
2.    Lomba Baca Puisi
- Tingkat SMP/MTs
v  Juara I-III oleh Wahyuddin, S.Pd            (Dewan Juri Lomba Baca Puisi)
v     - Tingkat SMA/MA/SMK
v  Juara I-III Oleh Dae Hafid (Dewan Juri Lomba Baca Puisi)
-      Do’a
-      Penutupan



Lampiran II :
SUSUNAN PANITIA
LOMBA LUKIS DI TONG SAMPAH DAN BACA PUISI


Pelindung                  :   Allah SWT
Penasehat                  :   Walikota Bima
                                      Pembina PALAPA Bima
                                      Dikpora Kota dan Kabupaten Bima
                                      Badan Lingkungan Hidup Kota
Penanggung Jawab   :   Ketua PALAPA Bima
Stering Comite          :   Amirudin, S.Sos
                                      M. Cahyadi, SH
Ketua Panitia            :   Kamaruddin
Sekretaris                  :   Ilham Abubakar
Bendahara                 :   Siti Rahma
Sie Acara                   :   Siti Rahma
                                      Dedi Haryanto (Acara Lomba Lukis SD)
                                      Yahya Setiawan Kuya  (Lomba Lukis SMP/ SMA)
                                      Lanang  (Acara Kampanye)
Juri Lomba Lukis      :   Hermawansyah
Juri Lomba B.Puisi    :   Dae Hafid
                                      Dae Yan
                                      Bang Bangkit         
Sie Kesekretariatan   :   M. Nasir
Sie Perlengkapan       :    Doel
Sie Pubdekdok          :   Aladin
Sie Pendaftaran         :   Abdul Azam Asyahid
Sie Keamanan           :   Yovan
                                      Edy gunawan Sari
Sie Konsumsi            :   Fika
                                      Ririn Suryani


Lampiran III :  
NAMA-NAMA PESERTA

1.    LOMBA LUKIS DI TONG SAMPAH
a.    Kategori SMP/ SMA
No
Nama
Utusan
1
Ahmad Faisal
SMP N 1 Monta
2
Wahyu Ari Bowo
SMP N 1 Monta
3
Ais Muhram
SMPN 1 Kota Bima
4
Dinda Riska Ervianda
SMP N 2 Kota Bima
5
Bagus Dharma Gita Kerta Yoga
SMP N 2 Kota Bima
6
Farah laili atsira
SMP N 2 Kota Bima
7
Devi Asmiati
SMP N 2 Kota Bima
8
Nanda Nabillah Hamzah
MTs N 03 Kota Bima
9
Ardiansyah
MTs N Raba
10
Rian Alfian
MTs N Raba
11
L. Rizky Umami
MTs N Raba
12
Ulul azmi
MTs N 1 Kota Bima
13
Muhaimin
MTs N 1 Kota Bima
14
Abdullah
SMA N 5 Kota Bima
15
Nur Fatha
SMA N 5 Kota Bima
16
Satria Putra Jaya Negara
SMA N 3 Kota Bima
17
Quratul Ainun
SMA N 3 Kota Bima
18
Iswahyudin
SMA N 1 Ambalawi
19
Andriyanto
SMA N 1 Ambalawi
20
Hardiyanto
SMA N 1 Ambalawi
21
M Arif
MAN 2 Kota Bima
22
Fitrah Juansyah
MAN 2 Kota Bima
23
Syahrullah
MAN 2 Kota Bima
24
Fatimah Nurkandella
MAN 2 Kota Bima
25
Tanti Amirah
MAN 2 Kota Bima
26
Muhammad Sholihin
MAN 1 Kota Bima
27
Sri Yati
MAN 1 Kota Bima
28
Putri Hasri Suciati
MAN 1 Kota Bima
29
Fikram Badarudinsyah
MAN Al-Husaini
30
Nana Yuriana
SMA 2 Kota Bima
31
Tri Ariyani
SMA 2 Kota Bima
32
Buyung Muarif
SMA 2 Kota Bima
33
Nur Amirah Bulqis
SMA 2 Kota Bima
34
Rahmayang Trintyani
SMA 2 Kota Bima
35
Syfarullah Atmajaya
SMA 2 Kota Bima
36
Danu Kumara
SMA 4 Kota Bima

b.   Kategori SD
No
Nama
Utusan
1
Inayah Candra
SDN 02 Kota Bima
2
Media Andalusia
SDN 02 Kota Bima
3
Dinda Amelia Shaputra
SDN 02 Kota Bima
4
Anang Ma,ruf
SDN 43 Kota Bima
5
Fatrio Bimo
SDN 41 Kota Bima
6
Ade Fitri Fauziah
SDN 41 Kota Bima
7
M. Ikbal
SDN 41 Kota Bima
8
Ibnu Umar Batiz Tutu
SDN 56 Tolobali
9
Miftahul Jannah
SDN 56 Tolobali
10
Wida Azizah
MIN Tolobali
11
ST Safirah Aulia
MIN Tolobali
12
Nutfah Faizah
MIN Tolobali
13
Khusnul Ma’rifah
MIN Tolobali
14
Chantika Putri Febrianti
MIN Tolobali
15
Igma Ainun Qalbini Sa
MIN Tolobali
16
Nuranmanillah B.P.
SDN 14 Kota Bima
17
Nurfantu
SDN 14 Kota Bima
18
Syarif Rahman
SDN 14 Kota Bima
19
Khaerul Jannah
SDN 14 Kota Bima
20
Ria Aprilitia
SDN 14 Kota Bima
21
Putri Najia
SDN 14 Kota Bima
22
Alda Fadillah
SDN 14 Kota Bima
23
Lutfia Tusokkiah
SDN 14 Kota Bima
24
Eni Mariani
SDN 14 Kota Bima
25
Zahratul Halila
SDN 14 Kota Bima
26
Nana Jusmita
SDN 14 Kota Bima
27
Salis Wiyati
SDN 14 Kota Bima
28
Doratul nisa
SDN 14 Kota Bima
29
Dewi Februwani
SDN 14 Kota Bima
30
Nurul Fauziah
SDN 26 Kota Bima
31
Putri Sepiana
SDN 16 Kota Bima

2.         LOMBA BACA PUISI
a.        Kategori SMP/ MTs
No
Nama
Utusan
1
Nurul Hadiatun
SMPN 1 Monta
2
Syafruddin
SMPN 1 Monta
3
Braio Asytahtan
SMPN 1 Monta
4
Putri Lilis Yunita Sari
SMPN 2 Kota Bima
5
Tri Agustin Zulkhai Ratih
SMPN 2 kota Bima
6
Khaira Abda
SMPN 2 Kota Bima
7
Fitryani Sudirman
SMPN 2 Kota Bima
8
Agia Cika Alamanda
SMPN 2 Kota Bima
9
Aiman Mukhlishah
SMPN 2 Kota Bima
10
Miftihatul Uyun
MTsN 1 Kota Bima
11
Radiatun Mardiah
MTsN Raba Bima
12
Risma Rizky Amaliyah
MTsN Raba Bima
13
Fatimah Azzahrah
MTsN Raba Bima
14
ST. Nurjanuarsih
MTsN Raba Bima
15
Unggit Yunistiana
MTsN Raba Bima

b.        Kategori SMA/MA/SMK
No
Nama
Utusan
1
Febi Yana Bura
SMK 45 Kota Bima
2
Laila Hayati
SMK 45 Kota Bima
3
Sri Ulfan
SMK 45 Kota Bima
4
Nur Widiawati
MAN 1 Kota Bima
5
Rian Ardiaman
MAN 1 Kota Bima
6
Mardianingsih
SMAN 4 Kota Bima
7
Suciyati Nurlillah
SMAN 4 Kota Bima
8
Lanang Zussaukah
SMAN 4 Kota Bima
9
Nurfatiah
SMAN 5 Kota Bima
10
Rosalita
SMAN 3 Kota Bima
11
Rahima
SMAN 1 Ambalawi
12
Eka Yani Paradita
SPPN
13
Lusty Rahmatina
SPPN
14
Pipit Indrawati
SPPN
15
Darmansyah
SPPN
16
Rian Muanas
SPPN
17
Bahrun Safrudin
SPPN
18
Nur Fatiah
SMAN 5 Kota Bima
19
Hayu Satria
SMAN 3 Kota Bima



DOC. FOTO KEGIATAN














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semoga blog ini bermanfaat.