Senin, 06 Juni 2011

Pentingnya IT_ memahami Komputer yg sebenarnya

10 S/d 15 Mei 2011


 
PELATIHAN KOMPUTER
Dalam rangka memberikan kesadaran akan pentingnya IT dalam meraih Visi Dan Misi Dana Mbojo Dalam Dunia Pendidikan Dengan Teknologi, maka Five Loading Smart atau yang disingkat dengan FILES dibawah payung Palapa Bima NTB pada Bidang Pendidikan mengadakan KEGIATAN PELATIHAN COMPUTER Di STAI Muhammadiyah Bima, guna memberikan pemahaman tentang penggunaan computer yang BAIK dan BENAR serta memberikan kesadaran akan pentingnya sebuah computer dalam menunjang aktifitas sehari-hari.

Kehadiran IT khususnya di Kota dan Kabupaten bima, merupakan suatu kemajuan dalam pemanfaatan IT dalam menunjang aktifitas bagi kita, baik pelajar maupun mahasiswa. Namun 75% user yang ada di Kota dan Kabupaten Bima tidak memahami IT (Komputer) yang sebenarnya, baik cara pengoperasian maupun perawatan computer yang baik dan benar.
Kegiatan pelatihan computer ini merupakan yang pertama kali diadakan di Bima. Perintis kegiatan ini adalah Kamaruddin, habibi, Arifin Hermawansyah dan Ruslan dan difasilitasi langsung pihak kampus STAI Muhammadiyah Bima.

Adanya pelatihan computer oleh PALAPA Bima, semata-mata hanya ingin sharing dan berbagi ilmu computer kepada generasi Bima, baik siswa maupun mahasiswa yang ada di Kota dan kabupaten Bima. Mungkin dari masyarakat Bima bertanya-tanya kenapa PALAPA yang bergerak di Lingkungan dan Alam Bebas mampu merealiasikan kegiatan pelatihan computer ini. Padahal berbicara masalah pelatihan computer adalah adalah berbicara masalah IT, bukan Masalah Lingkungan Hidup. Nah, dalam hal ini PALAPA Bima mampu menciptakan kreatifitas untuk mengembangakan dan memajukan Dana Mbojo khususnya Kota dan Kabupaten Bima. ”Banyak orang yang hanya pandai beretorika, namun tidak mampu mengimplementasikan ilmunya”. Sedangakan tuntutan jaman sekarang adalah generasi yang kreatif dan PALAPA Bima adalah suatu wadah dengan prinsip “Talk less do More”.

Sesuai dengan konsep kegiatan pelatihan computer yang diadakan di STAI Muhammadiyah Bima ini yang tiada lain tiada bukan hanyalah Sharing Ilmu computer kepada user agar memahami penggunaan computer, bagaimana mengoperasikan komputer, serta memberikan tips dalam perawatan computer yang baik dan benar.
Kegiatan pelatihan computer ini tidak sekedar untuk menunjukkan identitas organisasi, namun juga didukung oleh keinginan kami sebagai generasi Mbojo untuk sharing Ilmu Komputer, karena melihat minimnya pengetahuan rekan-rekan pelajar lebih-lebih mahasiswa di berbagai kampus yang ada di Kota Bima, karena memang PALAPA Bima juga memiliki generasi yang berpotensi dalam hal IT, baik tekhnis computer maupun sarjana komputer.

Pelatihan computer ini Berlangsung selama 5 hari, 1 hari pembukaan, 3 hari materi dan praktek dan hari terakhir penutupan. Dalam pelatihan computer ini disajikan beberapa materi utama yaitu, PENGENALAN HARDWARE (Perangkat keras komputer), PENGENALAN MS. OFFICE WORD/ EXCEL 2007 serta INTERNET yg SEHAT. 

Pada Pengenalan hardware, dimana materi yang akan transfer adalah semua komponen atau perangkat keras yang menyusun sebuah computer itu sendiri, baik input device, output device, prosessing device, dijelaskan dan diperkenalkan beserta dengan fungsinya. Lain halnya dengan materi pengenalan MS. Office Word / Excel 2007, materi ini disajikan dan langsung dipraktekkan oleh setiap peserta pelatihan computer pada masing2 PC yang disediakan. Sedangkan pada pengenalan internet yang sehat, peserta di diberi pemahaman bagaimana fungsi internet yang sebenarnya. Tidak hanya selintas untuk membuka dan mengunjungi situs atau website yang tidak bermanfaat, namun pada pelatihan ini para peserta atau Netter di diberikan suatu pemahaman untuk menggunakan internet dalam hal yang positif dan bermanfaat, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia akademis, guna menunjang aktifitas belajar dan mengembangkan potensi dalam diri.
Semoga pelatihan computer yang diadakan oleh PALAPA Bima atau FILES, berguna dan memberikan manfaat dalam pengembangan dan pemanfaatan IT sesuai dengan perkembangan modernisasi khususnya di Kota dan kabupaten Bima dalam meraih Visi dan Misi Mbojo dalam dunia pendidikan dengan kemajuan teknologi.
“hari ini saya belajar, besok saya mengajar”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga blog ini bermanfaat.